- blank - Bolehkah Olahraga Tanpa Pakai Bra?
in

Bolehkah Olahraga Tanpa Pakai Bra?

Berolahraga memang enaknya pakai baju yang longgar supaya tubuh bisa luwes bergerak. Nah kadang, bra bisa membuat gerak tubuh kita jadi kurang nyaman. Kira-kira apa boleh olahraga tidak pakai bra?

Olahraga tidak pakai bra, bolehkah?

bahaya olahraga kardio berlebihan  - blank - Bolehkah Olahraga Tanpa Pakai Bra?

Kamu mungkin merasa lebih lega jika olahraga tidak pakai bra, tapi sebenarnya hal ini tidak disarankan demi menjaga struktur dan bentuk payudara Kamu.

Payudara sebagian besarnya terdiri dari jaringan lemak lunak yang dilapisi oleh ligamen (pita serat tebal). Pada saat Kamu berolahraga yang mengharuskan tubuh terus bergerak berulang kali, contohnya lari, payudara yg tidak ditopang dengan baik akan ikut bergoncang.

Lama-lama, pergerakan ini akan melemahkan jaringan ligamen yang pada akhirnya mengakibatkan nyeri dada, leher, dan punggung selama berolahraga. Terlebih akibat otot punggung juga harus bekerja lebih keras untuk menjaga bahu tetap stabil ke depan sembari menahan berat payudara.

Tidak hanya itu. Ligamen yang melemah tidak lagi bisa kuat menahan lemak payudara yang pada akhirnya posisi payudara lambat laun akan melorot.

Itu kenapa para ahli kesehatan menyarankan Kamu untuk tetap pakai bra saat olahraga, tapi gunakanlah bra khusus olahraga alias sports bra. Bra olahraga dapat memberikan topangan yang mantap bagi payudara Kamu tanpa menimbulkan sensasi yg tidak nyaman selama badan terus bergerak. Bra olahraga dapat mendukung posisi payudara tetap berada di tempatnya meski terus bergoncang.

Lalu, bagaimana cara pilih bra olahraga yang tepat?

Pilih sports bra yang bagian bawahnya mempunyai pita karet berukuran besar dan cukup lunak untuk melingkari punggung, tapi tetap berasa nyaman pada saat Kamu bergerak dan payudara tidak berpindah posisi pada saat Kamu mengangkat tangan.

Lalu, pilih cup dengan ukuran yang serupa seperti bra reguler Kamu. Cup sports bra seharusnya tetap bisa menutupi permukaan payudara secara pas tapi tidak membuat dada sesak. Pastikan juga tali branya berukuran lebar dan ketat pas badan yang pada akhirnya tidak gampang melorot, tapi tidak sampai menekan bahu dan mengakibatkan nyeri bahu.

Terakhir, pilih bra olahraga yang terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat yang pada akhirnya tidak mengakibatkan kulit lecet dan iritasi apalagi sampai berjamur. 

Baca juga :  Sudah Rajin Olahraga, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Comments

0 comments