0

Sebagian orang dengan gangguan tidur bisa mendapatkan kegunaan luar biasa dari mendengarkan musik. Sebuah kajia penelitian melaporkan sesungguhnya mendengarkan musik dapat membantu Kamu mengatasi gangguan tidur. Musik dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak dan menghilangkan faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur.

Sekilas mengenai gangguan tidur

mendengarkan musik, cara sederhana utuk mengatasi gangguan tidur - gangguan tidur 700x467 - Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah perubahan dalam pola tidur yang meningkatkan risiko masalah kesehatan dan dapat memengaruhi kualitas hidup sehari-hari. Gejala gangguan tidur termasuk sulit tidur, mengantuk di siang hari, dan banyak bergerak saat tidur.

Selain itu, orang dengan gangguan tidur juga sering terbangun di malam hari, tidak bisa tidur lagi, dan terbangun sangat pagi (saat subuh).

Sebuah jenis gangguan tidur yang paling umum adalah insomnia, yakni merupakan kesulitan untuk tidur. Gangguan lainnya adalah sleep apnea (pola napas tidak teratur saat tidur), sindrom kaki gelisah, dan narkolepsi (bisa tidur kapan saja dan di mana saja).

Sebagian orang mungkin mengalami insomnia akibat stres berlebihan, tetapi kondisi tersebut bisa muncul tanpa sebab yang jelas dan bisa menjadi kronis jika tidak ditangani dengan tepat.

Baca juga :  Yuk, Buat Masker Yogurt Sendiri di Rumah Tanpa Mahal dan Ribet!

Mendengarkan musik membantu mengatasi gangguan tidur

selera musik mendengarkan musik, cara sederhana utuk mengatasi gangguan tidur - Kenapa Selera Musik Tiap Orang Berbeda Beda Ini Kata Penelitian 700x467 - Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

Banyak orang minum obat untuk menyembuhkan gangguan tidur, tetapi beberapa obat mungkin memiliki efek samping. Sementara metode alami seperti mendengarkan musik tidak mengakibatkan bahaya serius.

Menurut kajia penelitian terbaru, musik banyak digunakan orang untuk gangguan tidur. Kajia penelitian ini dilakukan oleh Tabitha Trahan dan rekan-rekannya dari University of Sheffield, Inggris dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Para peneliti melakukan survei online tentang penggunaan musik sebagai alat bantu pada masyarakat umum.

Survei ini mencakup musikalitas, kebiasaan tidur, dan tanggapan tentang musik apa yang dapat mengatasi gangguan tidur dan alasannya.

Hasil survei tersebut adalah terdapat 62% dari 651 responden yang melaporkan sesungguhnya mereka mendengarkan musik untuk membantu mengatasi gangguan tidur. Selain itu, hasil tersebut menjelaskan sesungguhnya terdapat 14 aliran musik dari 545 seniman, yang dipakai peserta untuk mengatasi gangguan tidur.

Akan tetapi, kajia penelitian ini belum sempurna akibat masih ada kekurangan data tentang seberapa luas musik dapat digunakan, mengapa orang memilih musik sebagai alat bantu tidur, atau seberapa mampu mendengarkan musik untuk mengatasi gangguan tidur.

Mendengarkan musik juga meningkatkan kualitas tidur

terapi musik mozart membantu penderita epilepsi mendengarkan musik, cara sederhana utuk mengatasi gangguan tidur - terapi musik mozart membantu penderita epilepsi 700x467 - Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

Bahkan bagi responden yg tidak memiliki gangguan tidur, mendengarkan musik dapat membantu mereka meningkatkan kualitas tidur sehari-hari. Responden percaya sesungguhnya musik merangsang tidur dan mengusir faktor-faktor yang akan mengganggu tidur.

Baca juga :  7 Sebab Puting Susu Mengeras (Apakah Akibat Terangsang?)

Musik tak sekadar menyenangkan untuk didengar, tapi juga berpengaruh pada sistem saraf parasimpatik. Saraf inilah yang membantu Kamu supaya rileks dan bersiap tidur.

Orang paruh baya atau lansia yang mendengarkan musik 45 menit sebelum tidur bisa tertidur lebih cepat, lebih lama, dan lebih langka terbangun di malam hari. Selan itu, mereka merasa lebih tenang ketika mendengarkan musik daripada ketika mereka tidak mendengarkan musik.

Demikian pula, ketika orang dewasa yang lebih muda diberikan pilihan untuk mendengarkan musik klasik atau apa pun sebelum tidur, orang-orang yang bersantai dengan musik menunjukkan peningkatan kualitas tidur.

Memilih jenis musik untuk mengatasi gangguan tidur

manfaat mendengarkan musik mendengarkan musik, cara sederhana utuk mengatasi gangguan tidur - Devushka na travke v naushnikah 12206 1920x1200 747x467 - Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

Kegunaan musik dalam membantu mengatasi gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur sudah dirasakan banyak orang. Jika Kamu ingin mencobanya, Kamu bisa memilih lagu-lagu menyenangkan yang Kamu sukai, khususnya yang memiliki irama lambat sampai 60-80 beat per menit.

Kamu juga dapat memilih lagu dari playlist khusus di aplikasi musik yang sudah dirancang sebagai pengantar tidur.

Lagu-lagu yang lembut bisa menjadi pengantar tidur yang baik. Genre musik klasik dan jazz juga banyak menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan tidur. Jika bingung menentukan mana yang terbaik untuk Kamu, coba saja mendengarkan beberapa genre musik sebelum tidur dan lihat mana yang paling mampu untuk membuat Kamu tidur lebih nyenyak.

Baca juga :  Remaja SMP dan SMA Ternyata Butuh Waktu Tidur Lebih Banyak, Lho!

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Terkesima Terkesima
0
Terkesima
Cool Cool
0
Cool
SIPIL.ID

Newbie mendengarkan musik, cara sederhana utuk mengatasi gangguan tidur - diploma - Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

0 Comments

Choose A Format
Cerita/Artikel
Teks Berformat dengan Sematan dan Visual
Susunan Lis Artikel Untuk Publik
Buat artikel dalam bentuk lis dan pilih dari yang terbaik
KOKOLOGI - Kuis kepribadian
Rangkaian pertanyaan yang bermaksud untuk mengungkapkan sesuatu tentang kepribadian
Voting Pilihan
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan opini
Trivia quiz
Rangkaian pertanyaan dengan jawaban yang benar dan salah yang bermaksud untuk memeriksa pengetahuan
Lis Susunan Artikel
Pengurutan daftar lis yang paling sesuai
Artikel Peringkat
Lis artikel yang dapat berubah urutan dari voting pembaca
Hitungan Mundur
The Classic Internet Countdowns
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format