0

Orang prediabetes sangat mungkin mengalami diabetes jika terus menerapkan gaya hidup tidak sehat. Dilansir dari Medical News Today, diperkirakan sekitar 15 sampai 30 persen orang prediabetes yg tidak mengubah pola makannya akan mengalami diabetes tipe 2 dalam waktu lima tahun setelah didiagnosis. Nah, untuk mencegahnya Kamu harus mengatur dan membatasi makanan untuk prediabetes.

Memilah-milah makanan untuk prediabetes

Prediabetes adalah kondisi saat seseorang mengalami kenaikan kadar gula darah tetapi masih belum masuk kategori diabetes. Peneliti dari John Hopkins University menemukan fakta sesungguhnya kombinasi diet yang tepat dan olahraga rutin bisa membantu menurunkan berat badan yang akan berefek pada berkurangnya risiko diabetes tipe 2.

Hal ini akibat kelebihan berat badan membuat sel-sel tubuh menjadi resisten pada insulin. Akibatnya, insulin tidak bisa bekerja maksimal untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh tetap normal. Berikut berbagai tips mengatur makanan untuk prediabetes yang dapat Kamu terapkan dalam keseharian mulai dari sekarang.

1. Batasi gula

mengatur pola makan untuk orang pradiabetes, supaya tidak kena diabetes - makanan tinggi gula 700x467 - Mengatur Pola Makan untuk Orang Pradiabetes, Supaya Tidak Kena Diabetes

Jika dokter sudah menyatakan Kamu masuk dalam kondisi prediabetes, maka tips pertama yang perlu dipatuhi ialah membatasi makanan dan minuman manis. Kurangi teh manis, soda, camilan manis seperti donat atau cokelat, dan berbagai makanan serta minuman lainnya yang tinggi akan gula.

Baca juga :  Awas, Sering Makan Terlalu Malam Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Jika di awal berasa sangat sulit, Kamu bisa membatasinya secara perlahan. Hal ini dilakukan sebagai cara pertama untuk menjaga kadar gula darah tidak terus melonjak.

2. Batasi porsi makan

porsi makan mengatur pola makan untuk orang pradiabetes, supaya tidak kena diabetes - porsi makan 747x467 - Mengatur Pola Makan untuk Orang Pradiabetes, Supaya Tidak Kena Diabetes

Jangan khawatir, Kamu sebenarnar tetap boleh makan makanan yang Kamu sukai. Hanya saja, porsinya perlu dikurangi. Hal ini terutama berlaku untuk makan makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi putih, kentang, mi, pasta, dan roti putih.

Mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dalam porsi besar tak hanya bisa membuat obesitas, tetapi juga menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Oleh akibat itu, mulai sekarang kurangi porsi makan Kamu demi kondisi kesehatan yang lebih baik di masa mendatang.

Selain itu, untuk menyiasati lonjakan kadar gula darah yang tinggi tiba-tiba, Kamu dapat menerapkan pola makan yang sedikit-dikit tapi sering.

3. Tambah asupan serat

tinggi serat mengatur pola makan untuk orang pradiabetes, supaya tidak kena diabetes - tinggi serat 608x467 - Mengatur Pola Makan untuk Orang Pradiabetes, Supaya Tidak Kena Diabetes

Makanan yang berserat tinggi seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan gandum utuh tak hanya menyehatkan tetapi membantu membuat kenyang lebih lama. Hal ini membuat Kamu akan makan lebih sedikit yang pada akhirnya angka timbangan tak terus bertambah.

Akan tetapi, usahakan untuk mengonsumsi sayur dan buah segar, bukan kalengan atau kemasan. Pasalnya, sayur dan buah kemasan tak lagi alami dan sudah mengandung banyak gula atau natrium (garam) tambahan.

Baca juga :  Apa Akibatnya Jika Berat Badan Naik Turun Drastis?

4. Mengonsumsi lemak sehat

manfaat lemak bagi kesehatan tubuh mengatur pola makan untuk orang pradiabetes, supaya tidak kena diabetes - 367400336 hello sehat 1024x683 700x467 - Mengatur Pola Makan untuk Orang Pradiabetes, Supaya Tidak Kena Diabetes

Jika selama ini Kamu mengonsumsi lemak dari berbagai sumber makanan, pilih yang lebih sehat mulai dari sekarang. Minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan lemak harian.

Selain itu, pilih yoghurt serta susu rendah lemak dan daging tanpa lemak. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membantu menjaga berat badan tetap stabil supaya risiko diabetes tak semakin meningkat dari hari ke hari.

Akan jauh lebih baik jika Kamu mengganti daging dengan ikan dua sampai tiga kali seminggu. Selain bisa menangkal diabetes, makan ikan juga membantu menjaga jantung tetap sehat.

5. Sempurnakan diet dengan berolahraga rutin

olahraga lari untuk penderita diabetes mengatur pola makan untuk orang pradiabetes, supaya tidak kena diabetes - shutterstock 1072796063 700x467 - Mengatur Pola Makan untuk Orang Pradiabetes, Supaya Tidak Kena Diabetes

Makanan untuk prediabetes memang harus dijaga. Akan tetapi, mengatur makanan saja tak cukup. Hal lainnya yang tak kalah penting untuk membantu mengurangi risiko diabetes yaitu berolahraga secara teratur. Kamu bisa melakukan olahraga apa pun yang Kamu sukai dari mulai lari, renang, nge-gym, dan lainnya.

Akan tetapi, jangan hanya berolahraga kalau sempat. Kamu harus mulai menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian yg tidak boleh dilewatkan. American Diabetes Association (ADA) menganjurkan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Olahraga membantu mengendalikan berat badan dan membuat sel-sel tubuh lebih sensitif pada insulin.

Baca juga :  7 Kebiasaan Sederhana untuk Membantu Cegah Kanker Prostat

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Terkesima Terkesima
0
Terkesima
Cool Cool
0
Cool
SIPIL.ID

Newbie mengatur pola makan untuk orang pradiabetes, supaya tidak kena diabetes - diploma - Mengatur Pola Makan untuk Orang Pradiabetes, Supaya Tidak Kena Diabetes

0 Comments

Choose A Format
Cerita/Artikel
Teks Berformat dengan Sematan dan Visual
Susunan Lis Artikel Untuk Publik
Buat artikel dalam bentuk lis dan pilih dari yang terbaik
KOKOLOGI - Kuis kepribadian
Rangkaian pertanyaan yang bermaksud untuk mengungkapkan sesuatu tentang kepribadian
Voting Pilihan
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan opini
Trivia quiz
Rangkaian pertanyaan dengan jawaban yang benar dan salah yang bermaksud untuk memeriksa pengetahuan
Lis Susunan Artikel
Pengurutan daftar lis yang paling sesuai
Artikel Peringkat
Lis artikel yang dapat berubah urutan dari voting pembaca
Hitungan Mundur
The Classic Internet Countdowns
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format