0

Selain dapat membuat Kamu terhibur, musik memiliki manfaat untuk kesehatan banyak orang. Mendengarkan musik bisa meredakan stres, mengatasi sakit kepala kronis, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sebuah kajia penelitian menyebutkan sesungguhnya terapi musik bisa bermanfaat untuk pasien multiple sclerosis (MS).

Sebuah artikel dari Department of Veterans Affairs, Amerika Serikat yang berjudul “Terapi Musik dalam Multiple Sclerosis” mempelajari musik dan ilmu saraf di St. Olaf College. Dalam artikel tersebut dikatakan sesungguhnya ada banyak kegunaan dari terapi musik, yang dapat mendorong gerakan tubuh dan memberikan kegunaan lain untuk hidup.

Terapi musik membantu meredakan gejala multiple sclerosis

Musik membantu pasien multiple sclerosis untuk mengatasi atau mengurangi gejalanya. Leavitt dan Tunick menerbitkan sebuah artikel di Journal of American Medical Association Neurology yang membahas bagaimana musik dapat dipakai untuk terapi untuk membantu pasien MS.

Musik sebagai aktivitas terapeutik memiliki banyak kegunaan dalam menyatukan keterampilan motorik, kognitif, kreativitas, konsentrasi, interaksi sosial, dan mengelola sensorik.

Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Caitlin Hyatt, seorang terapis musik neurologis mengatakan sesungguhnya ada tiga area yang menjadi fokus selama pengobatan untuk pasien MS yaitu gerakan, ucapan dan bahasa, serta kognisi.

Baca juga :  Penuaan Ternyata Memicu Rasa Gatal di Kulit, Mengapa Bisa Begitu?Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Berkat ritmenya, musik bisa merangsang beberapa area otak yang bertanggung jawab untuk mengatur gerakan tubuh. Hyatt mengatakan hal ini bisa membantu orang dengan MS dalam meningkatkan kecepatan gerak, mengatur banyaknya langkah dalam berjalan, menjaga keseimbangan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terapi musik dapat dilakukan pada orang yang memiliki keterampilan motorik yang lemah. Melakukan gerakan berulang bersama dengan suara melodi dapat meningkatkan koordinasi dan konsentrasi. Melakukan gerakan berulang ini bisa memengaruhi daya tahan dan membantu menciptakan gaya berjalan yang lebih baik.

Umumnya, para terapis musik sering menggunakan instrumen dalam sesi pengobatan, seperti piano. Instrumen piano membantu mengatasi ketangkasan jari dan kekuatan motorik halus. Instrumen sangat baik akibat memberikan umpan balik bagi pendengaran pasien dan memotivasi pasien untuk bermain.

terapi musik untuk pasien alzheimer menguak kegunaan terapi musik untuk pasien multiple sclerosis - terapi musik untuk pasien alzheimer 701x467 - Menguak Kegunaan Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

Terapi musik mengubah hidup pasien multiple sclerosis

Bagi pasien MS, mendengarkan musik setiap hari memberikan kekuatan dan membantu mengatasi dampak dari multiple sclerosis. Meskipun pasien MS tahu sesungguhnya musik tidak bisa menyembuhkannya.

Terapi musik dapat digunakan untuk mengatasi dampak yang terkait dengan kondisi pasien MS. Melewati melodi, ketukan alat musik, dan liriknya, musik memiliki kekuatan untuk memotivasi, menghibur, menginspirasi, dan memberi energi.

Baca juga :  Masih Sering Dipercaya, 5 Mitos Penyakit Celiac Ini Terbukti Salah Besar

Selain itu, lantunan melodi dan liriknya dapat melepaskan amarah, luka batin, dan menghibur semua orang pada saat yang serupa.

Terapi musik membantu memperbaiki tutur bicara

Multiple sclerosis bisa membuat tutur kata menjadi tidak jelas, seolah-olah pasien sedang bicara meracau. Dengan melakukan terapi musik, kata-kata yang sulit diucapkan dapat dengan mudah dikomunikasikan ketika dibarengi dengan musik.

Menyanyi dapat membantu pasien MS meningkatkan pernapasan, pelafalan kata, dan memilih kosakata serta menyusun kalimat.


What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Terkesima Terkesima
0
Terkesima
Cool Cool
0
Cool
SIPIL.ID

Newbie menguak kegunaan terapi musik untuk pasien multiple sclerosis - diploma - Menguak Kegunaan Terapi Musik untuk Pasien Multiple Sclerosis

0 Comments

Choose A Format
Cerita/Artikel
Teks Berformat dengan Sematan dan Visual
Susunan Lis Artikel Untuk Publik
Buat artikel dalam bentuk lis dan pilih dari yang terbaik
KOKOLOGI - Kuis kepribadian
Rangkaian pertanyaan yang bermaksud untuk mengungkapkan sesuatu tentang kepribadian
Voting Pilihan
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan opini
Trivia quiz
Rangkaian pertanyaan dengan jawaban yang benar dan salah yang bermaksud untuk memeriksa pengetahuan
Lis Susunan Artikel
Pengurutan daftar lis yang paling sesuai
Artikel Peringkat
Lis artikel yang dapat berubah urutan dari voting pembaca
Hitungan Mundur
The Classic Internet Countdowns
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format